Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget Google Translate by Tutorial Blogspot

Thursday, July 5, 2012

Tips Mengenal dan Menggunakan Kelapa Sebagai Bahan Untuk Memasak

KELAPA

gambar :http://www.pitulasite.cc.cc
Kelapa, siapa yang tidak mengenal kelapa, tidak ada yang tidak kenal dengan kelapa. Selain airnya yang bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran setelah beraktifitas, masih banyak kegunaan dari kelapa, diantaranya sebagai bahan untuk membuat makanan. dalam uraian dibawah ini akan dijelaskan tentang beberaapa hal penting yang harus diketahui dalam memilih, menyimpan dan mengolahnya sesuai dengan kegunaannya.



JENIS
Banyak jenis kelapa yag ada di dunia ini, namun yang dikenal secara umum untuk dikonsumsi ada 2 Jenis, yaitu Kelapa Biasa dan Kelapa Kopyor atau Kelapa Kopyak.

Kelapa Biasa
Yaitu kelapa yang sering kita jumpai di pasar-pasar dan umum digunakan sebagai bahan masakan sehari-hari, baik yang digunakan itu santannya atau parutan daging buahnya.
Kelapa Kopyor
Yaitu kelapa yang sudah mengalami kelainan genetik, biasanya dagingnya bergupal-gumpal dan daningnya tidak utuh seperti kelapa biasa. kelapa ini memiliki harga jual yang lebuh mahal, itu dikarenakan rasa buahnya yang lebih manis dan gurih, kelapa ini umum digunakan sebagai bahan minuman yang cukup mahal.

USIA
Kelapa muda, atau biasa disebut dengan degan atau cengkir untu kelapa yang dagingnya masih berupa lendir. Cara untuk memilih kelapa yang masih muda adalah dengan menggoncangkan buahnya, apabila terasa berat dan hanya memiliki rongga berrti kelapa tersebut masih muda.
Kelapa Setengah Tua, daging kelapa ini sudah lebih keras dari kelapa muda dan memiliki rongga yang lebih besar pada saat digoncang. kelapa ini biasanya menjadi bahan dasar pembuatan penganan seperti Wingko, lepet dan beberapa makana tradisional lainnya.
Kelapa Tua, daging kelapanya sudah keras dan memiliki wana kulit coklat tua. daging kelapa ini mudah patah dan mudah dalam proses memarut. kelapa ini mengandung kadar minyak yang cukup banyak sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar minya goreng dan kelapa ini juga memiliki kandungan santan yang cukup banyak dan cocok digunakan sebagai bahan masakan seperti rendang, gulai dan lain sebagainya.

BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Hampir semua bagian dari tumbuhan ini dapat digunakan, dari mulai Batang, daun, akar dan tentu saja buahnya. pada buahnya terdapat air yang dapat digunakan sebagai bahan untuk campuran membuat minuman, cairan air kelapa banyak mengandung mineral gula da air, sehingga baik untuk mengembalikan kebugaran tubuh disaat lelah.
pada bunga pada bunga kelapa juga dapat disadap airnya, airnya disebut dengan nira, dan sering digunakan untuk bahan dasar pembuata gula dan minuman keras tradisional.
Masih banyak kegunaan lain dari kelapa yang tidak dapat disebutka satu persatu, jadi pantas saja kalau tanaman ini tak memiliki sisa dan merupakan tanaman yang memiliki manfaat dari semua bagiannya. dan tumbuhan ini juga dikenal sebagai tumbuhan segala musim, yang dapat tumbuh pada musim apa saja dan iklim yang agak ekstrim sekalipun, walaupun tananman ini umum sitemui didaerah tropis.

Nah berikut ini adalah cara yang digunakan dlaam mengolah kelapa menjadi bahan makanan


Memilih Kelapa
Dalam memilih kelapa yang akan digunakan untuk bahan makanan ada beberapa cara, antara lain ;
pilihlah kelapa yang masih memiliki sabut atau kulit luarnya, hal tersebut sebenarnya sepele, namun tahukah anda, sabut kelapa juga berfungsi sebagai pelindung batok kelapa dari air, jamur, dan tentu saja kotoran yang dalam jangka waktu lama akan meresap kedalam daging kelapa dan sudah pasti kan mempengaruhi rasa dan kwalitas dari daging dan santan kelapa.
Apabila anda lebih memilih kelapa yang sudah dikupas atau diparut, hendaklah memilih daging kelapa yag masih berwarna putih cerah, hal tersebut menandakan bahwa daging kelapa masih segar.
Aroma kelapa juga sangat menentukan kwalitas dari dari daging kelapa tersebut, jangan pilih kelapa yang memiliki aroma tengik atau kurang sedap, hal terebut menandakan bahwa kelapa sudah tidak segar lagi.


Memarut Kelapa
secara umum ada dua cara dalam memarut kelapa, Parut Panjang dan Parut Biasa


Parut panjang, yaitu memarut kelapa dengan posisi keatas bawah, bagian berkulit berada diatas dan bagian permukaan menghadap keatas. Cara ini menghasilkan kelapa parut yang panjang, biasanya digunakan untuk balutan kue tradisional.


Parut Biasa, yaitu dengan posisi memarut menghadap kedepan dan kebelakang,dengan cara ini duhasilkan kelapa parut yang halus, cara ini baik untuk menghasilkan santan kelapa.


Menyimpan Kelapa
Kelapa yang masih berbatok reltif tahan lama jika disimpan dalam suhu ruang, tetapi yang sudah dikuliti hanya dapat bertahan 3 hari dalam suhu ruang, lebih dari itu kelapa akan berlendir dan berarma tidak sedap namun dapat bertahan hingga 1 minggu jika disimpan dalam lemari es.
Jika kelapa sudah dibelah, maka daya tahannya hanya 1 hari dalam suhu ruang dan 3 hari dalam lemari es. cara menyimpannya rendam dengan air hingga kelapa potong benar-benar terendam, gantilah air rendaman setiap hari agar kelapa tidak berlendir.
untuk kelapa parut akan lebih cepat busuk jika disimpan dalam suhu ruang, sebaiknya simpan kelapa parut dalam lemari freezer. 


Santan
dalam resep masakan kita sering menemukan santan kata santan kentaldan santan encer. untuk mendapatkan santal kental dan berminyak, pilh kelapa yang sudah tua lalu parut halus, sebaiknya kulit kelapa dikupas terlebih dahulu agar kelapa parut yang dihasilkan bersih. santan kental merupakan hasil perasan pertama dan santan encer adalah hasil perasan berikutnya setelah santan kental.
untuk penyimpanan, sebaiknya simpan santan kental dalam Freezer agar lebih tahan lama.


Kelapa Parut Kering
Kelapa parut kering  merupakan hasil olahan kelapa yag dilakukakn dipabrik. kelapa tua dikupas, di sterilkan, diparut lalu dikeringkan dan selanjutnya dikemas dalam wadah kedap udara.kelapa parut kering halus maupun asar dapat dengan mudah diperoleh dipasar tradisional, sangat praktis untuk membuat kue kering dan cake.jika sulit mendapatkannya maka dapat diganti dengan kelapa parut yang disangrai sendiri.


Demikian tips tentang kelapa, semoga bermanfaat.
Sumber : berbagai sumber


No comments:

Post a Comment